Minggu, November 22, 2009

Q U R B A N (IDUL ADHA 1430H)


Q U R B A N

(IDUL ADHA 1430H)

Beberapa hari lagi masyarakat muslim sedunia, sekali lagi sedunia bakalan melaksanakan hajatan akbar, namun seperi kita tahu masih banyak yang belum paham akan seluk beluk qurban, ini saya punya sedikit materi tentang qurban semoga bermanfaat, kali ada yang salah ya mohon dikoreksi.

• BAB ANJURAN UNTUK QURBAN
عن عائشة رضى الله عنها أن النبي R قال ما عمل بن آدم يوم النحر عملا أحبّ إلى الله من هراقة دم وْْإنه ليأتى يوم القيامة بقرونها وأظلافها و أشعارها… رواه ابن ماجه و الترمذي
Dari ‘Aisyah R’Aha bahwasanya Nabi SAW bersabda: Tidaklah beramal seorang anak Adam pada hari penyembelihan dengan satu amalan yang lebih tersukai disisi Alloh SWT daripada mengalirkan darah (menyembelih qurban). Dan sesungguhnya qurban itu sungguh akan datang pada hari qiyamat dengan tanduk, kuku-kuku dan bulu-bulunya…… (HR Ibnu Majah dan Turmudzi).

عن زيد بن أرقم قال قلت او قالوا يا رسول الله ما هذه الأضاحي؟ قال سنة أبيكم إيراهيم قالوا ما لنا منها؟ قال بكل شعرة حسنة قالوا فالصوف؟ قال بكل شعرة من الصوف حسنة. رواه أحمد و ابن ماجه
Dan dari Zaid bin Arqom RA dia berkata: Aku atau mereka (shohabat) bertanya: “Ya Rosululloh, darimana ajaran menyembelih ini?” Beliau bersabda:”Sunnahnya nenek moyang kalian nabi Ibrohim”. Mereka bertanya lagi: ”Apa (ganjaran) buat kami darinya (Qurban)?” Beliau menjawab: “Bagi setiap bulu ada kebaikan (ganjaran)”. Mereka bertanya lagi: “Maka bagaimana kalau bulu-bulu yang halus?” Beliau menjawab: “Bagi setiap bulu dari bulu yang halus ada kebaikan.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)




و عن أبي هريرة T قال قال رسول الله R من وجد سعة فلم يضح فلا يقربن مصلانا. رواه أحمد و ابن ماجه
Dan dari Abu Huroiroh RA dia berkata: bersabda Rosululloh SAW: “Barangsiapa yang mendapati kelonggaran (untuk berqurban) tetapi dia tidak menyembelih maka jangan sekali-kali dia mendekat ke mushola kami.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

• LANGKAH-LANGKAH ORANG YANG AKAN BERQURBAN
عن أم سلمة رضى الله عنها أن رسول الله R قال إذا رأيتم هلال ذي الحجة وأراد أحدكم أن يضحى فاليمسك عن شعره و أظفاره. رواه الجماعة إلا البخاري
Dari Ummi Salamah R’Aha bahwasanya Rosululloh SAW bersabda: “Apabila kalian melihat hilal bulan Dzulhijjah dan salah seorang dari kalian bermaksud untuk menyembelih (Qurban), maka hendaklah dia itu menahan dari rambutnya dan kuku-kukunya (tidak memotong). (HR Jama’ah kecuali Bukhori).
ولفظ أبي داود وهو لمسلم والنسائي أيضا من كان له ذبح يذبحه فإذا أهل هلال ذي الحجة فلا يأخذن من شعره وأظفاره حتى أن يضحى. ّ
Dan lafadh bagi Dawud dan dia itu untuk Imam Muslim dan juga untuk Nasai:” Barangsiapa yang ada baginya satu sembelihan yang dia akan menyembelihnya , maka apabila dia melihat hilal bulan Dzulhijjah janganlah dia memotong benar-benar rambut dan kuku-kukunya sampai dia menyembelih.”


• BAB PUASA DI BULAN DZULHIJJAH
عن أبي قتادة t قال سئل رسول الله r عن صوم يوم عرفة قال يكفرالسنة الماضية و الباقية. رواه مسلم
Dari Abu Qotadah RA berkata, Rosululloh SAW ditanya tentang puasa hari ‘Arofah (9 Dzulhijjah). Beliau bersada: “Dapat menghapuskan dosa setahun yang lewat dan setahun yang akan datang”.

عن أبي سعيد الخدري t أن رسول الله r نهى عن صيام يومين يوم الفطر و يوم النحر. متفق عليه
Dari Abu Sa’id al Khudriyyi RA bahwasanya Rosululloh SAW melarang puasa pada dua hari yaitu hari Idul Fithri dan Idul Adha. (Muttafaqun ‘alaihi)

عن نبيشة الهذلي t قال قال رسول الله r أيام التشريق أيام أكل و شرب و ذكر الله عز وجل. رواه مسلم
Dari Nubaisyah al Hudzali RA dia berkata, Bersabda Rosululloh SAW: “Hari-hari tasyrik adalah hari-hari makan, minum dan mengingat Allah ‘azza wa jalla”. (HR Muslim)



• BAB QURBAN UNTUK BERAPA KELUARGA
عن عطاء بن يسار قال سألت أبا أيوب الأنصاري t كيف كانت الضحايا فيكم على عهد رسول الله r ؟ قال كان الرجل في عهد النبي r يضحي بالشاة عنه وعن أهل بيته فيأكلون و يطعمون حتى تباهى الناس فصاروا كما تري. رواه إبن ماجة والترمذي وصححه
Dari Atho’ bin Yasar dia berkata, Aku bertanya kepada Abu Ayyub al Anshori RA: “Bagaimana cara penyembelihan di kalangan kalian pada masa Rosul SAW ?” Dia berkata’”Adalah seseorang pada masa Nabi SAW menyembelih seekor kambing untuknya dan untuk keluarganya. Maka mereka memakannya dan memberi makan dengan dagingnya sampai beramai-ramai manusia (memperbuatnya). Maka menjadilah sebagaimana yang engkau lihat.” (HR Ibnu Majah dan Turmudzi dan dia menshohihkannya)

وعن جابر بن عبد الله t قال نحرنا مع رسول الله r عام الحديبية البدنة عن سبعة والبقرة عن سبعة. رواه مسلم
Dan dari Jabir bin ‘Abdulloh RA dia berkata: Kami menyembelih bersama Rosululloh SAW pada tahun Hudaibiyah seekor unta untuk tujuh keluarga dan seekor sapi untuk tujuh keluarga. (HR Muslim)



• BAB UMUR BINATANG QURBAN
وعن جابر t قال قال رسول الله r لا تذبحوا إلا مسنة إلا أن تعسر عليكم فتذبحوا جذعة من الضأن. رواه مسلم
Dan dari Jabir RA dia berkata, bersabda Nabi SAW: “Janganlah kalian menyembelih melainkan musinnah (yang telah berganti gigi depannya/dua tahun masuk tiga tahun) kecuali jika kalian kesulitan (mendapatkannya), maka sembelihlah kambing yang lebih muda sedikit (jadza’ah). (HR Muslim)

• BAB SUNNAH MEMILIH BINATANG QURBAN
عن عائشة رضي الله عنها أن النبي r أمر بكبش أقرن يطأ في سواد ويبرك في سواد و ينظر في سواد فأتي به ليضحي به فقال لها يا عائشة هلمي المدية ثم قال إشحذيها بحجر ففعلت ثم أخذها وأخذه فأضجعه ثم ذبحه ثم قال بسم الله اللهم تقبل من محمد و آل محمد ومن أمة محمد ثم ضحى به. رواه مسلم
Dari ‘Aisyah RAha, bahwasanya Nabi SAW memerintahkan untuk mendatangkan satu kibas yang bertanduk yang berjalan dengan kaki yang hitam daan mendekam dengan perut yang hitam serta melihat dengan mata yang hitam, maka didatangkanlah kibas itu supaya beliau menyembelihnya. Kemudian beliau bersabda:”Wahai ‘Aisyah, bawalah pisau kemari, kemudian asahlah pisau itu dengan batu.” Maka ‘Aisyah memperbuatnya kemudian beliau memegang pisau itu dan juga binatang itu, kemudian membaringkannya. Lalu beliau menyembelihnya seraya berdo’a: “Bismillaah, Ya Alloh, terimalah dari Muhammad dan keluarga Muhammad.” Kemudian beliau menyembelihnya. (HR Muslim)


• LARANGAN CACAT PADA BINATANG QURBAN
عن البراء بن عازب قال قام فينا رسول الله r أربع لا تجوز في الضحايا العوراء البين عورها والمريضة البين مرضها العرجاء البين ضلعها والكبيرة التى لا تنقي. رواه أحمد والأربعة وصححه الترمذي و ابن حبان
Dari Baro’ bin Azib dia berkata, berdiri di kalangan kami Rosul SAW kemudian berkata: “Tidak diperbolehkan pada sembelihan: yang buta yang jelas kebutaannya, yang sakit yang jelas sakitnya, dan yang pincang yang jelas pincangnya dan yang tua yang tidak bersumsum.” (HR HR Ahmad dan Imam yang empat dan menshohihkannya Imam Turmudzi dan Ibnu Hibban)
عن أبي سعيد t قال إشتريت كبشا أضحي به فعدا الذئب فأخذ الإلية قال فسألت النبي r فقال ضح به. رواه أحمد
Dari Abu Sa’id berkata: Aku membeli seekor kibas yang akan kusembelih. Tiba-tiba ada serigala menerkam pahanya. Dia berkata: Maka aku bertanya kepada Nabi SAW. Kemudian sabda beliau: “sembelihlah akan dia”. (HR Ahmad).


• WAKTU PENYEMBELIHAN
عن جندب بن سفيان البجلي t أنه صلى مع رسول الله r يوم أضحى قال فانصرف فإذا هو باللحم و ذبائح الأضحى تعرف فعرف رسول الله r أنها ذبحت قبل أن يصلي فقال من كان ذبح قبل أن يصلي فليذبح مكانها أخرى ومن لم يكن ذبح حتى صلينا فليذبح باسم الله. متفق عليه
Dari Jundab bin Sufyan al Bajali bahwasanya dia sholat bersama Rosul SAW pada hari penyembelihan (Idul Adha) dia berkata: Maka Rosul selesai sholat, tiba-tiba beliau melihat daging padahal sembelihan Adha dikenali, maka tahulah Rosul SAW bahwa binatang itu telah disembelih sebelum sholat. Maka bersabdalah beliau: “Barangsiapa yang telah menyembelih sebelum sholat maka hendaklah dia menyembelih yang lainnya sebagai gantinya, dan siapa yang belum menyembelih hingga kita selesai sholat maka hendaklah dia menyembelih dengan (membaca) Bismillah.” (Muttafaqun alaihi)


• BAB QURBAN BINATANG JANTAN
عن عائشة رضي الله عنها قالت ضحى رسول الله r بكبشين سمينين عظيمين أملحين أقرنين موجوئين. رواه أحمد وفي رواية أخرى خصيين
Dari Aisyah R’Aha berkata: Rosullulloh SAW menyembelih dua ekor kibas yang gemuk, besar, bersih warna bulunya, bertanduk, lagi disukai. (HR Ahmad)
Dan dalam lain riwayat: keduanya jantan.


• BAB DOA MENYEMBELIH QURBAN
عن أنس بن مالك t أن النبي r كان يضحي بكبشين أقرنين و يسمى ويكبر و يضع رجله على صفاحهما. وفي لفظ ذبحهما بيده. وفي لفظ سمينين. ولأبي عوانة في صحيحه ثمينين بالمثلثة بدل السين. وفي لفظ لمسلم (بسم الله والله اكبر)
Dari Anas bin Malik RA bahwasanya Nabi SAW menyembelih dua ekor kibas yang bertanduk dan beliau membaca Bismillah serta takbir seraya meletakkan kaki beliau atas lambungnya. Dan dalam satu lafadz: beliau menyembelih keduanya dengan tangan beliau sendiri. Dan dalam satu lafadz lainnya: keduanya gemuk. Dan dalam kitab shohihnya Abu Awanah: keduanya mahal. Dan dalam satu lafadznya Imam Muslim: Bismillahi wallohu akbar.
بسم الله اللهم تقبل من …… وْآل …… رواه مسلم
Bismillahi, ya Alloh terimalah dari…… dan dari keluarganya……. (sebut nama yang berqurban)


• BAB LARANGAN MENYIMPAN DAGING LEBIH DARI TIGA HARI
عن سلمة بن الأكواع t قال قال رسول الله r من ضحى منكم فلا يصبحن - بعد ثالثة - و في بيته منه شيئ ْفلما كان في العام المقبل قالوا يا رسول الله نفعل كما فعلنا في العام الماضى؟ قال كلوا وأطعموا و ادخروا فإن ذلك العام كان بالناس جهد فأردت أن تعينوا فيها. متفق عليه
Dari Salamah bi al Akwa’ RA berkata: Telah bersabdaRosululloh SAW : “Barang siapa menyembelih Qurban di antara kalian maka janganlah sampai pada paginya setelah hari yang ketiga sedangkan di rumahnya masih ada sesuatu dari daging itu”. Maka tatkala tahun berikutnya mereka (shahabat) bertanya: Wahai Rosululloh akankah kita memperbuat sebagaimana tahun lalu? Beliau menjawab: “Makanlah, berilah makan dan simpanlah. Karena sesungguhnya tahun lalu manusia mengalami kelaparan dan aku menghendaki kalian untuk memberi pertolongan.” (Muttafaqun ‘alaih)


• BAB LARANGAN UPAH JAGAL DARI DAGING QURBAN
عن علي بن أبي طالب t قال أمرني رسول الله r أن أقوم على بدنه وأن أتصدق بلحومها وجلودها و أجلتها و أن لا أعطي الجازر منها شيئا وقال نحن نعطيه من عندنا متفق عليه
Dari ‘Ali bin Abi Tholib RA dia berkata: Rosululloh SAW memerintahkan kepadaku untuk mengurusi unta-untanya dan untuk menshodaqohkan daging-daging, kulit dan pakaiannya dan supaya tidak memberikan (upah) kepada penjagalnya sesuatupun dari qurban itu. Dan ‘Ali berkata: Kami memberinya (upah) dari diri kami sendiri. (Muttafaqun ‘alaih)

وعن أبي سعيد أن قتادة بن النعمان أخبره أن النبي r قام فقال إني كنت أمرتكم أن لا تأكلوا لحوم الأضاحى فوق ثلاثة أيام ليسعكم و إني أحله لكم فكلوا منه ما شئتم ولا تبيعوا لحوم الهدي والأضاحي وكلوا وتصدقوا واستمتعوا بجلودها ولا تبيعوها وإن أطعمتم من لحومها شيئا فكلوا أنى شئتم. رواه أحمد
Dan dari Abi Sa’id bahwasanya Qotadah bin Nu’man mengkabarinya bahwa Nabi SAW berdiri kemudian bersabda: “Sesungguhnya aku pernah memerintahkan kalian supaya tidak memakan daging qurban lebih dari tiga hari agar memberi kesempatan kepada kalian. Dan sesungguhnya aku menghalalkannya buat kalian maka makanlah dari qurban itu sekehendak kalian dan janganlah kalian menjual daging hadiah dan sembelihan dan makanlah dan bershodaqohlah, dan pergunakanlah kulitnya dan janganlah kalian menjualnya. Dan jika kalian telah memberi makan dari dagingnya, maka makanlah sekehendak kalian.” (HR Ahmad)

عن علي بن أبي طالب t قال أمرني رسول الله r أن أقوم على بدنه وأن أقسم لحومها وجلودها و جلالها على المساكين ولا أعطي في جزارتها شيئا منها متفق عليه
Dari ‘Ali bin Abi Tholib dia berkata: Telah memerintahkan kepadaku Rosululloh SAW agar aku mengurusi unta-unta beliau dan agar aku membagi daging-daging, kulit-kulit dan pakaian-pakaiannya kepada orang-orang miskin dan agar aku tidak memberi (upah) panjagalannya sedikitpun darinya (qurban). (Muttafaqun ‘alaih)



Selasa, November 17, 2009

bergerak atau mati


ada saat kritis pemuda hidup di dunia ini kata ustad saya :

1. Saat berada pada masa sebelum kelulusan dari kuliah (skripsi/Tugas akhir)
2. Saat berada pada masa setelah kelulusan dari kuliah (kerja/maisyah)
3. Saat berada pada masa setelah bekerja (pernikahan/jodoh)
wallahu'alam...


Type rest of the post here