Selasa, Desember 09, 2008

MENIKMATI BELITAN MASALAH


Kelapangan hati seseorang sangat berhubungan dengan kualitas kedekatan seorang hamba dengan Allah SWT. Jika seorang hamba dekat dengan Allah Yang Maha Besar, hati menjadi lapang dan semua masalah akan kelihatan kecil. Jika seorang hamba dekat dengan Allah Yang Maha Segalanya, maka segala masalah akan terselesaikan dengan mudah.

Kedekatan seorang hamba kepada Allah akan menentukan kualitas ruhiyah seseorang. Jika kualitas ruhiyah kita berada di stadium 5 sementara masalah yang kita hadapi di stadium 8, yang akan terjadi ada terasa sesak dan dunia terasa sempit. Rasanya masalah demikian rumit untuk diurai.

Namun, jika kadar masalah berada di stadium 6 sementara kualitas maknawiyah atau ruhiyah kita berada di stadium 9, tentu kita masih bisa mudah menyelesaikannya. Kita akan menikmati masalh serperti meminum air segara dari telaga. (diambil dari Majalah Hadila artikel oleh Supomo SS, edisi VIII 1428 H januari 2008)

Aku berkata : menikmati masalah dengan kekuatan spiritual tentu akan sangat luar biasa. Saya mengamati dari sudut pandang ESQ. Kalau kita melihat kembali apa yang disampaikan oleh Ari Ginanjar, lewat buku ESQ maka dapat dengan mudah kita lihat bahwa ketika sesorang berada pada puncak karir atas hasil jerih payah intelektualitasnya, namun tanpa di dasari dengan kecerdasan emotional maka dapat dipastikan ketika logikanya sudah sangat sulit di pecahkan sendiri maka pada titik nadirnya akan menemui kebuntuan, dan bahkan keputus asaan kehidupan. Apalagi ketika dia tidak banyak belajar akan ajaran norma kehidupan seperti kata-kata bijak maka akan mudah sekali terhempas ke dalam kebinasaan.

Perlu kita ketahui bahwa E (Emosional) itu berhubungan erat dengan SQ (Spiritual Quotient), tingkat kepekaan dengan kecerdasaan Spiritual akan mempengaruhi Emotional. Sehingga kedua hal tersebut sering di gabungkan dengan sebutan ESQ.

kembali ke pokok masalah bahwa ketika seseorang belum memiliki kedekatan spiritual dengan Tuhannya maka dia akan nampak mudah putus asa ketika sedang tertimpa masalah yang tak kunjung usai. Seakan-akan dunia begitu membosankan dan sesak. Berbeda ketika kita telah memahami konsep Spiritual Quotient tersebut. Dengan kecerdasan Spritual maka akan membawa orang tersebut menjadi lebih mengerti akan apa yang sebenarnya dia alami. Kenapa dia seperti itu (tertimpa masalah) dan bagaimana menghadapi permasalah tersebut. Kecerdasan itu tentu mampu di dapatkan dengan melakukan hubungan yang baik kepada ALLAH SWT, maka benar sekali ketika seseorang sedang dekat dengan Tuhannya maka sikap dan tabiatnya ketika ada masalah maupun sedang tidak ada masalah maka akan tetap baik. Dan inilah yang diajarkan dalam Islam…Allahuakbar!!!

Habibns : Dari berbagai sumber!

2 komentar:

Lenovo IdeaPad Y470P Specifications mengatakan...

Lenovo IdeaPad Y470P Specifications

Logos Quiz Level 9 Answers and Solutions mengatakan...

logo quiz answer level 9, logo quiz answers, logo quiz lösung, logo quiz lösung android, logo quiz respostas, logo quiz respuestas, logo quiz solution, logo quiz solution level 9, logos quiz game, logos quiz lösung, logos quiz respuestas, logos quiz solution